Sunday, August 28, 2011

Crying Seller in Angkor Night Market

Gak tau kenapa saya sangat suka kalo lagi jalan-jalan pasti ke pasar. Bukan gila belanja, malah saya suka pelit ngeluarin duit. Bukan karena irit, uang sih bejibun di koper tapi emang jiwanya bukan "shopaholic" jadi susah beli barang. Saya suka pasar karena pasti ada pengalaman seru saat interaksi sama pedagang. Malah kadang kita bisa klasifikasiin watak pedagang-pedagang di setiap kota beda-beda.

Someday, I watched a show named "Market Values" on NatGeo Adventure. The show is about one man named "Ishai" who visit a famous market in all country that he visited. One quote that I remember "If you want to know about people in the country/city that you visited, you have to visit theirs market". So I think visiting market when I travel is worthed.

Berkunjung ke kota Siem Reap, terus coba ke Angkor Night Market. Mampir ke satu kios, saya dan temen saya Devi mulai liat tas yang saya pikir bagus buat kakak ipar saya. Rencana nih mau beli sama Devi jadi beli dua mungkin lebih murah. Nanya donk harganya berapa, tak tek tok dia ngomong, nah tau sendiri orang Indonesia klo nawar ganas. Langsung aja kita tawar dari 10USD dapet 1 jadi 5USD dapet 2 khan parah juga noh. Baru kita tawar begitu, gak tau kenapa muka mbak-mbak nya langsung kucel, sedih, kayak mau nangis (beneran gak boong kayak mau nangis) sambil ngomong "jangan segitu donk" #suaramerintih #airmatamaukeluar #gakboong.

Saya sama Devi langsung bingung sambil bisik-bisik
Saya "Dev, lah ngapa dia nangis?"
Devi "Lah iya ya, ngapa lu mbak nangis? hahha"

Khan kocak sekaligus kasian, dan hampir semua pedagang di pasar ini punya "jurus" begitu. Tapi lama kelamaan dipasar ini kebiasa, jadi gak mempan jurus nangis dan akhirnya barang murah pun kami dapatkan dengan mudah. Jurusnya seperti biasa pura-pura pergi nunggu dipanggil hahaha.

I have alot of stories about my experience in the market. This story just the beginning and the first story that I ever told. So many interesting people that we can meet in the market, that is called "Market Values"

0 comments:

Post a Comment