Wednesday, July 13, 2011

NOBAR dengan Kesederhanaan

Diceritaken sewaktu-waktu saya berkunjung ke Pulau Belitung dengan waktu yang sangat tepat bersamaan dengan semifinal World Cup 2010. Cerita ini menunjukan bagaimana sepakbola memang mendunia dengan sentuhan kesederhanaan dari suatu komunitas masing-masing. *tek teretek tek tek

Waktu menunjukkan pukul 2 dini hari (kalo gak salah). Kita berencana menuju tempat yang dibilang Pak Rudy tadi siang dimana ada suatu restaurant atau lapangan mungkin yang menyelenggarakan nonton bareng piala dunia, dan katanya bakal rame. Tapi pas perjalanan di suatu pertigaan gak jauh dari hostel tempat kita menginap ada kerumunan disuatu rumah warga dan dengan cepat kita menduga mereka juga pasti lagi nonton bareng. Jadilah kita berhenti dan memutuskan untuk nonton bareng mereka, secara kita juga gak tau lapangan yang dimaksud Pak Rudy dimana dan jalanan tanpa lampu jalan yang agak serem juga klo jauh-jauh.

Sepanjang pertandingan bapak-bapak ini seru banget, tereak-tereak layaknya orang-orang kebanyakan kalau nonton bola. Uniknya mereka tidak memanggil tim bola dengan sebutan negara tapi menurut bajunya (so simple). Jadi karena waktu itu pertandingan antara Spanyol VS Jerman klo gak salah, nah bapa-bapak belitung ini cuma nyebut "AYO MIRA, AYO MIRA" mira yang berarti merah itu tentu seragamnya si Spanyol. Lama kelamaan kami jadi ikut-ikutan ngomong "MIRA,MIRA".

Setelah pertandingan selesai ternyata ada kaleng yang ditujukan untuk duit sumbangan untuk pemilik rumah yang nyediain TV, listrik, dan tempat. Satu persatu bapak-bapak ini menaruh duit dikaleng tersebut dan kami ngikutin deh. Ya.. 20ribu bertujuh (udah kayak naik angkot).

Saya jadi sadar bagaimana sepakbola begitu digemari di negri ini. Makanya dong, tolong dong, itu PSSI. Kalo gak dari traveling dari mane kite tau orang yang diseberang sini juge suka sama sepakbola. Itu salah satu keuntungan jalan-jalan.

Jadi kesimpulannya kalau ada iklan piala dunia yang nunjukkin orang pedalaman pun nonton piala dunia, ITU BENAR. Bukan maksud ngatain orang belitung itu pedalaman, tapi emang iya hahaha soalnya kami nonton dan menginap tidak didaerah kota.

0 comments:

Post a Comment